Poliklinik Neurologi (Saraf)






Mengenal Dokter Spesialis Neurologi
 

Dokter spesialis neurologi (Sp.N) atau yang sebelumnya disebut dokter spesialis saraf (Sp.S) adalah dokter yang memiliki minat klinis pada bidang ilmu neurologi. Seorang dokter spesialis neurologi mempunyai keterampilan dalam mendiagnosis, memeriksa, dan mengobati penyakit saraf, seperti gangguan pada otak, sambungan neuromuskular, sistem saraf tepi atau perifer, serta saraf tulang belakang.

Perlu diingat bahwa ​​dokter spesialis neurologi tidak berwenang untuk melakukan prosedur operasi dalam mengobati gangguan sistem saraf. Sebaliknya, apabila dokter spesialis neurologi menemukan bahwa masalah sistem saraf yang dialami oleh pasien memerlukan prosedur pembedahan, maka ia akan merujuk pasien kepada dokter spesialis bedah saraf atau neurosurgeon.

Sebetulnya, ada banyak kondisi yang dapat memicu gangguan neurologi, tergantung dari penyakit yang mendasarinya. Namun, secara umum gangguan neurologi dapat terjadi akibat infeksi atau respons imun tubuh, kelainan genetik, cedera otak, ataupun kelainan bawaan.

Anda perlu berkonsultasi ke dokter saat merasakan berbagai gejala yang mengacu pada saraf anda, terutama jika sakitnya tidak juga mereda dalam beberapa hari atau hitungan minggu meski sudah mengonsumsi obat.

Pada beberapa kasus, gangguan neurologi sulit untuk dicegah, terutama jika memiliki keluarga dengan riwayat penyakit saraf. Namun, beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko penyakit neurologi adalah:
- Mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang, misalnya sayur-sayuran dan buah-buahan.
- Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung tinggi gula, lemak, serta produk susu tinggi lemak.
- Memperbanyak asupan air putih.
- Melakukan olahraga secara rutin.
- Mengelola stres.
- Mengontrol tekanan darah.

Bila anda dan keluarga mempunyai keluhan mengenai sistem saraf/neurologi, anda bisa langsung konsultasikan kesehatan di dokter spesialis di rumah sakit Rs Cahaya Medika 

#polisaraf
#tangankesemutan
#gejalaparkinson
#Rscahayamedika
 









 

Lebih baru Lebih lama