Cara Mengitung Gerak Janin Dalam Kandungan


 Menghitung tendangan (atau gerakan) janin selama kehamilan dapat menjadi alat yang berharga untuk memantau kesehatan janin. Menghitung tendangan melibatkan penghitungan berapa kali Bunda merasakan janin bergerak dalam jangka waktu tertentu. Perubahan pada pola yang umum dapat mengindikasikan janin sedang stres. 

menghitung tendakan (pergerakan janin) selama kehamilan merupakan salah satu cara untuk memantau janin. Calon orangtua harus melacak tendangan dan gerakan janin selama perkembangan di rahim. Perubahan pola gerakan terkadang dapat mengidentifikasin bahwa janin sedang stres. Mengetahui pola gerakan normal janin dapat membantu Bunda merasakan ketika pada  yang tidak beres. 

Perlu diketahui ada 2 cara utama untuk melacak tendangan janin adalah : 

1. Hitung jumlah tendangan yang Bunda rasakan dalam periode satu jam 

2. Ukur jumlah waktu dibutuhkan janin untuk menendang dalam 10 kali 

Kebanyakan ibu hamil akan meulai merasakan tendangan janin sekitar 20 minggu kehamilan. Janin bergerak pada waktu yang berbeda dan dengan cara yang berbeda. Saat trimester keTiga (28 minggu kehamilan), Bunda seharusnya sudah memiliki gambaran umum tentang pola gerkan janin. 

Membahas gerakan janin dengan penyedia layanan kesehatan Bunda saat kunjungan Prenatal sehingga dapat memberikan wawasan terhadap Bunda tentang bagaimana janin berkembang.

Sebaiknya Bunda selalu mewaspadai gerakan janin selama kehamilan. Menghitung tendangan menjadi lebih penting pada trimester ketiga (antara minggu ke-28 sampai ke-40 saat kurangnya gerakan dapat menunjukkan bahwa janin sedang stres. Bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Bunda tentang kapan harus menghitung tendangan atau berapa banyak tendangan yang harus Bunda rasakan. 

Ada beberapa cara untuk menhitung tendangan janin. Menggunakan aplikasi di ponsel dapat membantu, atau Anda dapat menggunakan pengatur waktu ayau jam dan selembar kertas. 

Sepuluh gerakan (tendangan, kepakan, atau putaran) dalam satu jam dianggap sebagai gerakan janin yang normal. Jangan panik jika Bunda tidak merasakan 10 kali gerakan dalam 1 jam. Merasakan kurang dari 10 tendangan tidak berarti ada yang salah. Mungkin juga butuh waktu lebih lama dari satu jam untuk merasakan 10 kami gerakan. Ini biasanya tidak masalah dan tidak perlu dikhawatirkan. 

Cara dan langkah-langkah untuk menhitung tendangan janin : 

1. Pilih waktu ketika Bunda paling tidak terganggu atau ketika Bunda biasanya merasakan janin bergerak 

2. Duduklah dengan nyaman, Berbaringlah miring ke kiri atau duduk dengan kaki disangga

3. Letakkan tangan Bunda di perut 

4. Nyalakan pengatur waktu atau lihat jam 

5. Hitung setiap tendangan. Lalu hitung hingga Bunda merasakan 10x tendangan 

6. Setelah Bunda mencapai 10 kali tendangan, catat berapa menit dibutuhkan. 


Bunda menyetel pengatur waktu selama satu jam dan mengambil selembar kertas. Setelah pengatur waktu dimulai, buatlah tanda pada kertas setiap kali Bunda merasa tendangan. Pada akhirnya, hitung jumlah tanda yang telah Bunda buat. Ingat, Bunda harus melakukan 10 kali gerakan dalam satu jam. 

Hitungan tendangan adalah alat yang bagus untuk memantau kesejahteraan janin yang sedang berkembang. Penurunan gerakan bisa menjadi tanda peringatan dini adanya masalah dalam kehamilan. Ini tidak selalu terjadi. Namun, jika Bunda mengatahui pola teratur dan jumlah tendangan normal, Bunda mungkin akan melihat perubahan lebih cepat. Untuk menghitung tendangan, atur pengatur waktu dan lacak jumlah gerakan yang Bunda rasakan dalam satu jam. Bunda akan merasakan janin menendang, berguling, mengepak atau bergerak di dalam rahim. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Bunda jika memiliki kekhawatiran tentang gerakan janin.  

Lebih baru Lebih lama